Download Kajian

bb

bismillah.jpg

Kajian Kitab Tauhid

Kajian ini merupakan penjelasan dari buku Kitabut Tauhid karya Syaikh Muhammad bin ’Abdul Wahhab rahimahullahu ta’ala yang merupakan lumbung ilmu tauhid yang agung yang dijadikan referensi oleh para ulama ahlus sunnah dan para thalibul ’ilmi dalam mempelajari aqidah shahihah dari Al Qur’an dan As Sunnah. Beliau dikatakan oleh para ulama sebagai seorang mujaddid. Lewat dakwahnya beliau menegakkan tauhid di negeri Hijaz yang pada saat itu kesyirikan dan khurafat merajalela. Dakwah beliau adalah dakwah tauhid, menegakkan prinsip-prinsip aqidah ahlus sunnah yang benar sesuai dengan pemahaman para generasi terbaik ummat Islam terdahulu.

Kajian ini disampaikan oleh pemateri Ustadz Afifi Abdul Wadud hafidzahullahu yang diselenggarakan setiap hari selasa ba’da shalat maghrib sampai ’isya di Masjid Al Kautsar beralamatkan Pogung Baru Yogyakarta. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang menginginkan tegaknya tauhid di muka bumi Allah Ta’ala ini. Untuk mendownload kajian ini silahkan klik di setiap sesinya:

sesi01 sesi02 sesi03 sesi04 sesi05 sesi06 sesi07 sesi08 sesi09 sesi10 sesi11 sesi12 sesi13 sesi14 sesi15 sesi16 sesi17 sesi18 sesi19 sesi20 sesi21 sesi22 sesi23 sesi24 sesi25 sesi26 sesi27 sesi28 sesi29 sesi30 sesi31 sesi32 sesi33 sesi34 sesi35 sesi36 sesi37 sesi38 sesi39 sesi40 sesi41 sesi42 sesi43 sesi44 sesi45 sesi46 sesi47 sesi48 sesi49

insya Allah bersambung ke sesi berikutnya….

___________________________________________________________

Shifat Wudhu Nabi

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap kaum muslimin untuk mengetahui tata cara wudhu yang benar sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam dan merupakan kebutuhan yang sangat urgent dan mendesak karena wudhu menjadi syarat sahnya shalat. Kajian shifat wudhu Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam disampaikan oleh pemateri Ustadz Aris Munandar, S.S. hafidzahullahu yang kami rekam sendiri saat mengikuti program mahad ’ilmi pada tahun 2006 yang lalu. Untuk mendownload kajian ini silahkan klik di setiap sesinya: sesi01 (ukuran file 7,4 mb tipe file mp3 durasi 01:03:04), sesi02 (8,4 mb mp3 01:11:41), sesi03 (8,1 mb mp3 01:09:17), sesi04 (8,7 mb mp3 01:14:23), sesi05 (10 mb mp3 01:25:50). Semoga bermanfaat.

___________________________________________________________

Hikmah dalam Berdakwah

Hikmah adalah tepat dalam perkataan, perbuatan dan keyakinan, serta meletakkan sesuatu pada tempatnya yang sesuai, dan hal itu tidak akan tercapai melainkan dengan membangunnya di atas pilar-pilarnya, dan pilar yang paling utama -selain bijaksana dan tidak tergesa-gesa- adalah ilmu yang dilandaskan di atas Al Qur’an dan hadits dengan pemahaman generasi terbaik umat ini dan para ulama yang setia meniti jalan mereka. Maka seseorang tidak akan bisa bersikap hikmah dalam berdakwah melainkan jika dia melandaskan sikap-sikapnya di atas dalil-dalil dari kitab dan sunnah serta pemahaman salafush shalih.

Kajian disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, Lc. hafidzahullahu yang menjelaskan empat belas contoh praktek hikmah dalam berdakwah. Sebelum mendownload kajian, kami sarankan Anda mendownload terlebih dahulu makalahnya di sini yang merupakan tulisan beliau sendiri. File01 berisikan contoh pertama, yaitu senantiasa berusaha untuk berakhlak mulia disamping berusaha untuk beraqidah dengan aqidah yang benar.

File02 berisikan lima contoh. Contoh kedua, yaitu senantiasa berusaha bermuka manis dan menebarkan salam juga menunaikan hak-hak kaum muslimin, termasuk mereka yang memiliki penyimpangan –jika tidak disyari’atkan padanya penerapan metode hajr-. Contoh ketiga, yaitu mengenal masyarakat yang akan kita dakwahi dan mempelajari medan dakwah yang akan kita arungi sebelum terjun ke dalamnya. Contoh keempat, yaitu bertahap dalam berdakwah dengan memulai dari yang paling penting yaitu tauhid, lalu melangkah kepada syari’at-syari’at Islam lainnya. Contoh kelima, yaitu hendaknya para da’i setelah menyampaikan dalil-dalil dari kitab dan sunnah, sebaiknya mereka berusaha memperbanyak nukilan perkataan ulama Ahlus Sunnah yang memiliki kedudukan di hati masyarakat umum, misalnya: Imam Syafi’i, Bukhari, Muslim dll, serta menghindari penyebutan nama Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim dan Muhammad bin Abdul Wahhab di komunitas yang phobi dengan nama-nama tersebut. Contoh keenam, yaitu hendaknya kita berusaha untuk menyampaikan dakwah yang penuh berkah ini kepada umat serta beramar ma’ruf nahi mungkar dengan lemah lembut.

File03 berisikan lima contoh. Contoh ketujuh, yaitu berusaha memprioritaskan dan memperhatikan dakwah dan penarikan hati orang-orang yang memiliki kedudukan di masyarakat, entah itu yang diulamakan atau penguasa. Contoh kedelapan, yaitu memperhatikan dakwah generasi muda dan anak-anak kecil, tanpa mengesampingkan orang-orang yang sudah lanjut usia. Contoh kesembilan, yaitu menerapkan skala prioritas dalam mengingkari kemungkaran, dimulai dari yang paling berat lalu yang lebih ringan. Contoh kesepuluh, yaitu ketika membantah ahlul bid’ah, seharusnya kita menghiasi bantahan tersebut dengan ilmu dan dalil-dalil, sehingga umat merasa yakin akan benarnya hal yang disampaikan, serta merasa mantap ketika menerimanya. Contoh kesebelas, yaitu di saat mentahdzir (mengingatkan umat dari penyimpangan) ahlul bid’ah –baik mereka berbentuk kelompok maupun individu- seorang da’i ahlus sunnah tidak harus menyebutkan secara terang-terangan nama-nama kelompok dan individu tersebut, jika memang hal tersebut tidak dibutuhkan.

File04 berisi tiga contoh. Contoh kedua belas, yaitu ketika seorang da’i ahlus sunnah diundang untuk berdakwah di masjid ahlul bid’ah atau tempat mereka -dan hal tersebut tidak menimbulkan fitnah bagi masyarakat serta diharapkan menghasilkan maslahat- maka hendaknya dia memenuhi undangan tersebut dan memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk menyampaikan al-haq dengan penuh hikmah, nasehat dan diskusi yang baik. Contoh ketiga belas, yaitu mengamalkan hal-hal yang biasa dikerjakan di masyarakat selama hal-hal itu masih diperbolehkan oleh agama, dengan tujuan untuk menarik hati masyarakat dan menjadikan mereka tidak phobi dengan dakwah kita, meskipun terkadang hal-hal tersebut tidak sesuai dengan yang lebih afdhal. Bahkan terkadang disyari’atkan untuk meninggalkan beberapa amalan yang hukumnya sunnah, untuk menghindari fitnah (keributan atau huru-hara) atau untuk menarik hati masyarakat. Contoh keempat belas, yaitu senantiasa berusaha untuk bersabar dan tidak tergesa-gesa untuk segera memetik buah dari dakwah yang sedang kita rintis.

File05 berisikan tanya jawab ustadz tentang permasalahan yang terkait dengan tema kajian. Hendaknya para ikhwah salafiyyin mempraktekkan hal-hal yang bermanfaat untuk menarik hati umat, selama hal-hal tersebut diperbolehkan syari’at, sebagaimana halnya jika perbuatan-perbuatan tersebut termasuk hal-hal yang disyariatkan dalam Islam. Semoga bermanfaat.

___________________________________________________________

Kumpulan Kajian Ustadz Armen Halim Naro, Lc rahimahullahu

~ Bedah buku ‘Buhul Cinta’

~ Bedah buku ‘Untukmu yang Berjiwa Hanif’

~ Bedah buku ‘Suratku Untukmu’

~ Kajian ‘Nasihat untuk Thalabul Ilmi’

~ Kajian ‘Jilbab Wanita Muslimah’

~ Kajian ‘Berbakti kepada Orang Tua’

~ Kajian ‘Laki-Laki Pemimpin Atas Wanita’

~ Kajian ‘Bagaimana Mendidik Anak’

~ Kajian ‘Bahaya Syi’ah Terhadap Islam’

___________________________________________________________

:: Last update 15 Agustus 2008 ::

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

16 Tanggapan to “Download Kajian”

RSS Feed for Tanya Jawab Ustadz Comments RSS Feed

Assalamu alaikum Ustadz

saya mau bertanya bagaimanakah doa sesudah sholat fardhu

———-
antum bisa download audionya di sini, semoga bermanfaat dan afwan ana bukan ustadz

Assalamu’alaikum.
Ana boleh minta tidak semua rekaman kajian dijadikan dalam CD. Kemudian dikirimkan CD rekaman kajian tersebut ke alamat ana. Nanti antum hitung semua biayanya, ana akan ganti. Sukron.

Assalamualaikum,

Ana mau tanya, itu kenapa ya download di tanya jawab linknya error?

———-
wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

mungkin mirrornya sedang error akh, afwan atas ketidaknyamanan ini

Assalamualaikum,
Ana sangat butuh file audio Kajian Ust Naro
yang bertemakan “Surat Seorang Ibu yang terluka
pada anaknya”.
Mohon bisa berbagi.
agusbps@yahoo.com

Ana butuh file audio “Surat Ibu untuk anaknya”. Hub: agusbps@plasa.com

Assalamu ‘alaikum Wr Wb
syukran sahabatku … ^_^
Wa’alaikumussalam Wr Wb

———-
wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh, syukron juga atas kunjungan dan komentarnya akhi

Assalamu’alikum warahmatullah
‘afwan
ana kurang tahu untuk yang dari indoupload,
namun ana biasanya dari ziddu akh.
alhamdulillah
syukran ya atas upload kajian-kajiannya ^_^
barakallahu fiik

Assalamualaikum
apa tidak ada materi tilawah Al Quran ? yang ada khan murottalnya, tolong dong ditambahkan, terutama qori’nya Muammar, saya suka mendengar lantunan suaranya

———-
Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh,
untuk saat ini belum bisa akhi, syukron atas komentarnya
*afwan ada kata yang dihapus*

MasyaAllah.
Saya download, syukran jiddan.
Semoga Allah membalas kebaikan antum.

Assalamu alaikum,

Alhamdulillah, Insya Allah menjadi Ilmu yang bermanfaat dan memberi kebaikan di Akhirat.

Jazakumullohu khoyron.

kajian Ust Armen (rahimahullohu) “Suratku Untukmu, Buhul Cinta, Nasihat Tholibil Ilmi (2)” Koq g bs di dunlod y?

———-
waiyyak
afwan karena ketidaknyamanan ini, ana sendiri kurang tahu kenapa bisa begitu. nanti ana akan cari tahu penyebabnya apa.

asalamu’alaikum.
jazakumulah bi ahsanl jaza atas materi kajiannya.
salam, dari semarang.

assalaamu’alaikum warahmatullaah
alhamdulillah
syukran akhi atas sajian kumpulan kajian Ustadz Armen Halim Naro rahimahullahu Ta’ala.
Semoga upaya antum ini menjadikan pemberat timbangan amal kebaikan. Jazakallahu khairan

barakallahu fik

untuk kajian “Suratku Untukmu” bisa antum donlod di situs lain http://alqiyamah.wordpress.com

Assalamu’alaikum
saya berterima kasih sekali kepada saudara
yang memudahkan banyak kaum muslimin agar bisa mendalami agama mereka berupa kajian2 ilmiah dari para ahli ilmu terpecaya.

Semoga Allah selalu melimpahkan kepada diri kita beserta keluaga kita ilmu yang bermanfaat,rezeki yang berbarokah serta amal yang yang diterima.Amin.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: